Jl. K. Abdan No. 03 Dlimas Tegalrejo Kab. Magelang

Ujian Nasional CBT, masih Terkendala Fasilitas

ujian-nasional-online-2015Dinas pendidikan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan melaksanakan Ujian Nasional Computer Based Test (CBT). Sebenarnya, UN CBT ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014 lalu, namun hanya dilaksanakan di beberapa sekolahan dengan status uji coba. Di tahun 2015 ini, dinas pendidikan kembali melakukan percobaan UN CBT di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.

Kemendikbud telah memilih 862 SMA/SMK  yang ada di seluruh Indonesia sebagai sekolah perintis untuk melakukan percobaan UN CBT ini. Untuk kemudian akan diverifikasi oleh dinas pendidikan di setiap provinsi. “Tidak semua sekolah boleh menyelenggarakan UN berbasis komputer,” ujar Kepala Puspendik, Nizam, saat jumpa pers di Gedung C Kemendikbud, Jakarta, (29/01/2014).

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh setiap sekolah perintis untuk melaksanakan UN CBT ini. Persyaratan tersebut salah satunya adalah adanya komputer yang memadai untuk digunakan ketika ujian nasional. Rasio minimal antara jumlah peserta UN dengan jumlah komputer adalah 1:3. “Jadi satu komputer untuk tiga anak. Satu banding dua lebih baik. Satu banding satu lebih baik lagi,” ucap Nizam.

Selain itu, sekolah perintis juga harus memiliki server yang baik, misalnya memiliki memori yang cukup untuk menyimpan data-data dari pusat. Itulah hal-hal yang akan diverifikasi oleh dinas pendidikan provinsi. Jika syarat-syarat tersebut telah dipenuhi oleh sekolah perintis, maka selanjutnya Kemendikbud akan melakukan instalasi aplikasi CBT di server sekolah perintis tersebut.

Menimbang fasilitas di setiap sekolah berbeda-beda, maka UN CBT ini baru dilaksanakan di sekolah-sekolah tertentu saja. Untuk selanjutnya, jika proyek percobaan ini dapat berlangsung dengan baik, maka tahun-tahun berikutnya UN CBT akan dilaksanakan di setiap sekolah. (YR)

Related Posts

Comments (1)

Selain fasilitas, kendala lain yang harus dipertimbangkan adalah masalah infrastruktur seperti ketersediaan jaringan internet 🙂

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.