Jl. K. Abdan No. 03 Dlimas Tegalrejo Kab. Magelang

Upacara bersama Pasukan Bersarung

Mengenakan sarung, berbaju putih, dan berpeci hitam, ribuan santri ikuti upacara Hari Santri Nasional di Lapangan Tegalrejo (22/10/2019).

Ada sekitar 1500 peserta upacara yang terdiri dari para santri Syubbanul Wathon Tegalrejo, siswa siswi MI, MTs dan MA se-tegalrejo, fatayat pemuda ansor serta Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU). Hari Santri menjadi peringatan yang harus dipahami santri, terlebih warga NU. Gus Affan mukti, ketua NU tegalrejo Beliau menjadi Pembina Upacara Hari Santri 2019 mengatakan, lahirnya Hari Santri Nasional itu untuk mengingat peran ulama, kiai, dan para santri menegakan kemerdekaan.

Menurutnya, resolusi jihad dari Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari, menjadi jiwa semangat para santri untuk mengusir para penjajah.

“Pada 22 Oktober 1945, Mbah Hasyim mencetuskan resolusi jihad. Dengan semangat ‘Hubbul wathon minal iman’, terjadilah pertempuran ulama dan santri dengan penjajah selama tiga hari di Surabaya,” ungkapnya.

Gus Affan  berharap, Hari Santri bisa memupuk semangat patriotisme dan semangat keislaman.

Santri harus ingat pesan ulama terdahulu, bahwa nilai keislaman tidak boleh lepas dari nilai kebangsaan.

Mengenai peran santri untuk melawan sikap intoleransi dan radikalisme, menurut Gus Affan, santri harus ingat bahwa Islam adalah rahmatan lil alamin. Santri juga harus bisa menerapkan sikap toleransi di kehidupan sehari- hari.

“Perbedaan itu fitroh. Manusia memang diciptakan berbeda- beda, tapi bagaimana kita menjadikan perbedaan itu menjadi sebuah kekuatan bangsa”.

Setelah Upacara Hari Santri ada persembahan dari para santri yang berupa koreo, SWBD, SWMB, penampilan dari Santri blimbing, dengan mengibarkan bendera merah putih sepanjang 32 meter. Acara sangat meriah dan berjalan dengan lancar, selanjutnya beberapa santri yang ditunjuk oleh panitia mengikuti Upacara Hari Santri di Sawitan.

 

SANTRI MAJU, INDONESIA MAJU

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.