Seiring dengan perubahan dan perkembangan zaman yang semakin sarat dengan arus teknologi dan informasi, menumbuhkan pemikiran dikalangan para pengurus Yayasan syubbanul Wathon tegalrejo untik mengikuti laju era digitalisasi tersebut. Maka pada tahun 2006 mulai timbul gagasan pendirian sebuah lembaga pendidikan formal yang mampu mengikuti dan menjawab tantangan zaman dengan tetap berjuang teguh pada kaidah dan syari’at Islam sebagaimana Pesantren Tegalrejo pada mulanya.
Melalui kerja keras para pengasuh Pondok Pesantren API Tegal rejo dan Pengurus Yayasan Syubbanul Wathon Tegalrejo dengan dukungan penuh masyarakat, lahirlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) syubbanul Wathon Tegalrejo yang resmi mulai beroperasi pada Juli 2007.

LATAR BELAKANG PENDIRIAN

  1. Ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang- Undang Dasar 1945.
  2. Ikut serta secara aktif, mendukung program pemerintah dalam pembangunan bangsa dibidang pendidikan formal, Sekolah Menengah Kejuruan.
  3. Melaksanakan maksud dan tujuanLembaga Pondok Pesantren API Tegalrejo.
  4. Dalam rangka melaksanakan keputusan rapat bersama anggota pengurus Lembaga, unsur akademik, tokoh masyarakat dan wali murid.
  5. Adanya hasrat / kemauan sebagian besardari wali murid / santri Pondok Pesantren API Tegalrejo agar putra-putinya bisa mondok untuk memperoleh pendidikan agama Islam dan belajar pendidikan umum.
  6. Adanya dorongan yang kuat dari pemerintah dan masyarakat setempat terhadap berdirinya SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo.