SMK Syubbanul Wathon adalah sebuah lembaga pendidikan kejuruan di lingkungan Pesantren salafiyyah A.P.I Tegalrejo Magelang yang bergerak di bidang IT (Information Technologi) dan dikelola oleh Yayasan Syubbanul Wathon. SMK berbasis pesantren yang terletak dikaki gunung merapi ini merupakan sebuah wujud kepedulian pesantren A P I Tegalrejo akan pentingnya pengembangan keilmuan yang mengedepankan akhlaqul karimah.

Keilmuan pesantren dan pengetahuan umum mutlak diperlukan untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Pemetaan dan pemisahan antara keilmuan pesantren dan pengetahuan umum dalam kehidupan saat ini hanya akan menjadikan kebuntuan pengembangan keilmuan Islam.

Kebutuhan masyarakat saat ini adalah hadirnya lembaga formal unggulan yang mencetak teknokrat yang handal dan dapat membekali anak didik dengan nilai-nilai keislaman. Generasi muda saat ini membutuhkan beragam ilmu untuk dapat membawa kemajuan bangsa dan Agama. Ilmu umum, ilmu agama dan juga ketrampilan.

Karena hal tersebut Pesantren Salafiyyah Tegalrejo melihat pentingnya sebuah lembaga formal yang unggul dalam pengetahuan umum dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kelimuan pesantren. SMK Syubbanul Wathon hadir sebagai sebuah lembaga pendidikan alternatif yang diharapkan dapat mencetak kader bangsa yang intelektual, mempunyai skill yang mapan dan menjunjung tinggi akhlaqul karimah. Semua diramu dengan pemikiran yang matang yang sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa.

Program unggulan SMK SYubbanul Wathon adalah Teknologi Informasi. Dengan satu landasan pemikiran bahwa perkembangan teknologi berkembang sangat cepat dari waktu ke waktu. Semua lini kehidupan sudah tidak bisa lepas dari teknologi. Dinamis dalam menyikapi perkembangan teknologi sangat dibutuhkan dewasa ini, karena tanpa kita sadari teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan kita.

“One Stop Education” adalah slogan kami, disini anda akan mendapatkan pengetahuan umum untuk menjadi seorang intelektual, skill sebagai modal berkarya, dan keilmuan pesantren yang menjadi dasar dalam memahami nilai-nilai Islami. Semoga SMK Syubbanul Wathon dapat mewujudkannya, amin.