PERSIAPAN DAN PRA-UNBK SYUBBANUL WATHON

SMKSW, MAGELANG – Seluruh siswa kelas tiga unit SMP – SMK – SMA Syubbanul Wathon Tegalrejo MAgelang, dewasa ini tengah disibukkan dengan berbagai macam kegiatan guna mempersiapkan Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) yang akan hadir sebentar lagi (SMP – 23 /04/2018, SMK – 2/04/2018, SMA – 9/04/2018). Seiring berjalannya waktu menuju Ujian Nasional Berstandar Komputer yang kian dekat, mereka pun semakin mematangkan persiapan baik lahir maupun batin.

Dijelaskan, seluruh calon peserta ujian di yayasan pendidikan berbasis pesantren yang dipimpin oleh KH. Yusuf Chudlori ini memang sudah diajari atau diarahkan untuk menyeimbangkan persiapan-persiapan yang mereka lakukan lahir dan batin.

“Belajar, belajar, belajar lalu berikhtiarlah. Karena usaha tanpa doa adalah sombong. Sedangkan doa tanpa usaha sama saja bohong. “ tutur KH. Achmad Izzudin Lc. MSi, saat mengaji tabarrukan di suatu malam.

Siswa coordinator kelas tiga, Naila Zulfa (I8) juga mengatakan bahwa persiapan UNBK sudah dilakukan dengan membuat program kerja belajar yang telah berjalan lancer hingga saat ini(27/3/2018).
“Setelah mengaji tabarrukan, setiap malah seluruh siswa kelas tiga harus kumpul di aula untuk melaksanakan belajar wajib. Jika tidak, nanti akan dikenai sanksi atau hukuman. Toh kalau sudah berkumpul semua, jadi kan bisa belajar bersama-sama. Bisa saling mengajari. Di sini kita bersatu untuk maju bersama, dan itu harus bisa semua. Bagaimanapun caranya ya diusahakan. Kekompakan sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi guna membawa nama baik sekolah dan nama baik sendiri.” Jelas Naila.

Kalausaja ada yang ketahuan tidak melaksanakan belajar wajib, sanksinya yakni nama santri/santriwati yang melanggar tadi akan dipanggil di depan semua santri saat mujahadah bersama oleh semua angkatan (setiap malam). Selama mujahadah berlangsung , malam itu juga santri/santriwati yang melanggar harus mujahadahan dengan berdiri.

“Peraturan semacam itu kita buat dengan prinsip harga diri. Bukankah harga diri seseorang akan jatuh saat ia mendapatkan hukuman? Maka dari itu kita berkomitmen untuk menjaga harga diri. Salah satu caranya ya dengan manaati peraturan. “ imbuhnya.

Tak hanya belajar wajib di malam hari, sela-sela waktu luang mereka juga digunakan untuk belajar mendalami materi-materi ujian. Kegiatan les juga dilangsungkan selama 5 hari berturut-turut dalam seminggu. Sementara Tes Uji Coba diselenggarakan 2 tahapan, yakni dua kali dari kabupaten dan satu kali Uji Coba Mandiri dari sekolah dimana pada pelaksaannya dua diantaranya menggunakan computer dan satunya lagi uji coba tertulis. Adapun simulasi UNBK dilaksanakan tiga tahapan.

Merasa belum puas dengan persiapan dhohirnya, beragam cara dilakukan untuk mempersiapkan batin para calon peserta UNBK didhawuhi oleh pengasuh pesantren (KH. Nasrul Arif dan KH. Achmad Izzudin).
Mereka juga berupaya untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT agar ilmu yang sudah mereka perjuangkan mendapat ridlo dari yang Maha Kuasa. Dan tirakat adalah salah satu perwujudan dari ikhtiar mereka. Mulai dari puasa sunah, sholat sunah, mujahadah dan berbagai macam ibadah rutin lainnya. Ibadah-ibadah sunah tersebut seakan-akan memang sudah menjadi keharusan tersendiri untuh dilakukan dan itu sudah menjadi budaya tradisi Islam sedari dulu bagi siswa-siswi Syubbanul Wathon yang akan menghadapi Ujian Nasional. (NH)

Related Posts

About The Author

Add Comment