Pelaksanaan UKK Multimedia

ukk-multimedia

Uji Kompetensi Keahlian pada SMK merupakan  bagian Ujian Nasional yang menjadi  indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan, sedangkan bagi stakeholder akan  dijadikan  sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon  tenaga kerja. Selain itu, uji kompetensi merupakan evaluasi asil belajar    siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran di sebuah sekolah. Biasanya Uji Kompetensi Kealian ini dilaksanakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional.

Pada  tahun pelajaran 2011/2012 Ujian Nasional bagi peserta didik SMK diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud RI) Nomor 59 Tahun  2011 tentang  Kriteria Kelulusan Peserta Didik  dari  Satuan Pendidikan  dan Penyelenggaraan Ujian  Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional. (buku pedoman UKK 2012).

Di SMK Syubbanul Wathon, Uji Kompetensi Keahlian Multimedia dilaksanakan mulai tanggal 10-15 februari 2015. Asesor atau tim pengujinya adalah dua orang penguji dari SMK N 1 Magelang, hal ini dikarenakan untuk program studi Multimedia masih menginduk di sekolah tersebut.

Dalam pelaksanaannya, ujian kompetensi kali ini diikuti oleh sebanyak anak yang ada dalam satu kelas. Untuk prodi multimedia yakni kelas Fazza 1, Fazza , dan Fazza 7. Di hari pertama ini, diikuti oleh kelas Fazza 1. Melalui ujian kompetensi ini, siswa diharapkan mampu untuk membuat sebuah iklan layanan masyarakat yang layak untuk dipublikasikan.

Semoga dengan adanya uji kompetensi yang diadakan setiap tahunnya ini, mampu memberikan keyakinan kepada setiap siswanya untuk bisa terjun di dunia kerja setelah kelulusan. (YR)

Related Posts

About The Author

2 Comments

  1. candra f6
    Februari 13, 2015
  2. wiji
    Februari 16, 2015

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.