SMK SYUBBANUL WAHIN TEGALREJO

A. AKREDITASI

Terakreditasi A (amat baik) SK Penetapan Hasil Akreditasi BAP-S/M Nomor 147/BAP-SM/X/2015

B. VISI, MISI, DAN TUJUAN

VISI

Menghasilkan tenaga multimedia yang Profesional, disiplin, mandiri, bertanggung jawab dan berakhlak mulia yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri

MISI

  1. Selalu melakukan inovasi dalam dunia multimedia
  2. Mengembangkan sikap dan keterampilan peserta didik dalam bidang keahlian Multimedia.
  3. Menguasai keterampilan dalam pengoperasian bidang Multimedia.
  4. Menguasai keterampilan dalam penggunaan perangkat lunak Multimedia.
  5. Mampu mengembangkan bidang Multimedia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha dan industri
  6. Mampu mengintegrasikan ilmu agama untuk mengembangkan teknologi.

TUJUAN

  1. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi peluang kerja pada dunia usaha/industri saat ini maupun masa yang akan datang dalam bidang Multimedia.
  2. Menghasilkan tenaga pelaksana yang kompeten dalam bidang Multimedia.
  3. Menjadi insan/warga negara yang berahklak mulia, produktif, dan mandiri.

C. CAPAIAN KOMPETENSI KEAHLIAN

  1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Dasar Kompetensi Kejuruan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.      Merakit personal computer

( 072.A.01)

1.1      Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi

1.2      Melakukan instalasi komponen PC

1.3      Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer

1.4      Mengatur komponen PC menggunakan software(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi)

1.5      Menyambung periferal menggunakan software

1.6      Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal

2.      Melakukan instalasi sistem operasi dasar

( 072.A.02)

2.1      Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi

2.2      Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual

2.3      Mengecek hasil instalasi menggunakan software(sampling)

2.4      Melakukan troubleshooting

3.      Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH)

( 072.A.03)

3.1      Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

3.2      Melaksanakan prosedur K3

3.3      Menerapkan konsep lingkungan hidup

3.4      Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

 

Kompetensi Kejuruan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.      Memahami etimologi multimedia

( 072.B.01)

 

1.1      Mendeskripsikan tentang multimedia

1.2      Menjelaskan multimedia content production

1.3      Menjelaskan multimedia communication

2.      Memahami alir proses produksi produk multimedia

( 072.B.02)

 

2.1      Menjelaskan proses pre production multimedia

2.2      Menjelaskan proses production multimedia

2.3      Menjelaskan proses post productionmultimedia

3.      Merawat peralatan multimedia

( 072.B.03)

 

3.1      Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia

3.2      Melakukan perawatan peralatan multimedia

3.3      Membuat kartu perawatan peralatan multimedia

4.      Mengelola isi halaman web

( 072.B.04)

 

4.1      Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency

4.2      Memeriksa links dan navigasi

4.3      Mengedit informasi sesuai kebutuhan

4.4      Menguji dan memastikan perubahan perubahan

5.      Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi

( 072.B.05)

 

5.1      Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video

5.2      Mengoperasikan kamera video

5.3      Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar

5.4      Mengoperasikan kamera

5.5      Menata kabel-kabel kamera

5.6      Mengoperasikan clapper board

6.       Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia

( 072.B.06)

 

6.1      Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)

6.2      Membuat sketsa

6.3      Menggambar perspektif

6.4      Menggambar objek

6.5      Menggambar ilustrasi

7.      Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi

( 072.B.07)

 

7.1      Menjelaskan syarat animasi

7.2      Membuat gambar kunci

7.3      Mengatur dan melengkapi gambar kunci

8.      Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip

( 072.B.08)

 

8.1      Mendeskripsikan gambar yang asli

8.2      Membuat gambar-gambar asli

8.3      Mendeskripsikan gambar tiga dimensi

8.4      Membuat gambar tiga dimensi

9.      Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)

( 072.B.09)

 

9.1      Mendeskripsikan syarat-syarat animasi

9.2      Membuat model warna dan tempat warna

10.   Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia

( 072.B.10)

10.1   Menggunakan software teks multimedia

10.2   Mendesain teks multimedia

11.   Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia

( 072.B.11)

 

11.1   Mengedit gambar digital

11.2   Menggunakan software grafik multimedia 2D

11.3   Menciptakan design grafik Multimedia 2D

11.4   Menampilkan karya seni digital 2D

12.   Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia

( 072.B.12)

 

12.1   Menggunakan kamera digital

12.2   Menggabungkan foto digital ke dalam rangkaian multimedia

12.3   Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D

13.   Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia

( 072.B.13)

 

13.1   Menjabarkan format audio digital

13.2   Menggunakan software audio digital

13.3   Merancang audio digital

13.4   Membangun track audio digital

14.   Membuat story board aplikasi multimedia

( 072.B.14)

 

14.1   Mengidentifikasi kebutuhan

14.2   Merencanakan alur isi story board

14.3   Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board

15.   Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya

( 072.B.15)

15.1   Menjelaskan dasar tata cahaya

15.2   Menjelaskan efek cahaya

15.3   Menyiapkan operasi lighting

16.   Menerapkan efek khusus pada objek produksi

( 072.A.16)

 

16.1   Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus

16.2   Menginstallasi software efek khusus

16.3   Membuat efek khusus pada obyek

17.   Menyusun proposal penawaran

( 072.B.17)

 

17.1   Menganalisa syarat-syarat proyek

17.2   Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan

17.3   Membuat rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada

17.4   Membuat proposal

17.5   Membuat pengajuan permohonan tender.

 

2. KURIKULUM 2013

C1. Dasar Bidang Keahlian

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Fisika
  3. Kimia

C2. Dasar Program Keahlian

  1. Komputer dan Jaringan Dasar
  2. Pemrograman Dasar
  3. Dasar Desain Grafis

C3. Kompetensi Keahlian

  1. Desain Grafis Percetakan
  2. Desain Media Interaktif
  3. Teknik Animasi 2D dan 3D
  4. Teknik Pengolahan Audio dan Video
  5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

D. KOMPETENSI TAMATAN

  1. Mampu mengoperasikan software dan periferal digital illustration, digital imaging, dan web design.
  2. Mampu mengoperasikan software dan periferal multimedia, 2D animation, dan 3D animation Adobe Certified Expert dan Macromedia Certified Professional
  3. Mampu mengoperasikan software dan periferal digital audio, digital video, dan visual effects Adobe Certified Expert dan Macromedia Certified Professional

 

E. LINGKUP PEKERJAAN

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan program multimedia :

  1. Grafis designer
  2. Illustrator 2D
  3. Web designer
  4. Photografer
  5. Animator 2D
  6. Animator 3D
  7. 3D logo designer (stasiun tv)
  8. 3D Interior / Exterior Architecture designer
  9. 3D Character designer
  10. Video editor
  11. Producer acara tv
  12. Kameraman
  13. Sound effect maker
  14. Komposer music
  15. Youtuber