Jl. K. Abdan No. 03 Dlimas Tegalrejo Kab. Magelang

Kunjungan Industri Menyulut Motivasi Para Santri. Menjadi Pemuda Sukses dan Mulia? Why Not?

Sebanyak 146 santri dan santriwati kelas sebelas beserta 12 bapak ibu pembimbing jurusan multimedia SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo mengikuti acara Kunjungan Industri di area Jogja, pada Kamis 7 November 2019. Acara ini memiliki misi tersendiri, seperti yang disampaikan oleh bapak Agung budi Kurniawan selaku kepala jurusan multimedia yaitu “mengajak santri dan santriwti agar bisa berfikir out side the box dalam dunia industri multimedia”. Untuk mewujudkan misi tersebut, Kunjungan Industri tahun ini menyasar 4 (empat) industri yang memang sudah expert dibidang industri multimedia, desain grafis, animasi, dan broadcasting. Adapun industri yang dikunjungi tahun ini yaitu Jogja TV, Does University, Slab Studio, dan RWE Studio. Ke empat industri ini sudah tidak diragukan lagi kualitas dan kapasitasnya dalam dunia multimedia, dan tentunya memiliki kelebihan dimasing-masing bidangnya.
Ada satu hal yang menarik saat rombongan berkunjung ke Does University, disana santri dan santriwati sangatlah antusias. Selain sambutan yang hangat dari pemilik Does University, materi dan pembelajaran yang disampaikan sangat banyak dan beberpa materi bahkan belum didapatkan selama di sekolah, dan bisa menghipnotis para santri sehingga mereka fokus memperhatikan materi yang disampaikan. Beberapa fakta unik dimiliki oleh Does University. Fakta pertama yaitu pemilik atau pendiri dari Does University ini adalah seorang musisi terkenal dan kondang, dialah mas Erick Soekamti. Fakta unik selanjutnya yaitu sekolah ini merupakan sekolah lanjutan swasta berbasis boarding school yang bebas biaya atau bisa dikatakan gratis. “Zaman sekarang semua serba mahal, tapi kok ada sekolah yang gratis? apakah bisa maju dan berkembang?”, mungkin itulah pertanyaan yang banyak sekali terlintas dibenak para santri saat berkunjung ke Does University. Namun semua itu terbantahkan setalah pemaparan materi tentang lulusn Does University dari mas Trio selaku mentor dan juga kepala rumah tangga. Semua lulusan dari Does University dijamin akan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakatnya, tanpa harus mngikuti tes ataupun membawa ijazah formal, cukup dengan menunjukkan portofolio hasil karya selama bersekolah di Does University. Bahkan 7 dari 9 crew animator dari film animasi kartun Nusa dn Rara adalah lulusan dari Does University. “Nah, tertrik untuk jadi entrepreneurship? Sukses dan menyedikan lowongan pekerjaan untuk orang lain di masa muda? Just do it!” itulah motivasi terakhir yang disampaikn oleh mas Trio. Sesi kunjungan diakhiri dengan para santri diajak untuk tour lab atau keliling, melihat-lihat, dan mencoba peralatan yang digunakan selama proses produksi animasi di Does University.
Kunjungan berikutnya yang tidak kalah menarik yaitu saat rombongan tiba di Jogja TV. Pasalnya para santri diberikan kesempatan untuk masuk ke studio dan melihat proses jalannya suatu acara yang biasanya hanya bisa dilihat di TV kini para santri bisa melihatnya secara langsung, mulai dari persiapan alat setting studio sampai pada saat acara TV itu berlangsung. Bahkan salah satu santriwati dan pembimbing diajak untuk masuk dalam acara itu berperan sebagai seorang narasumber. Acara kunjungan berlangsung sangat meriah dan para santri menikmati itu. Setelah acara di studio selesai, kunjungan di Jogja TV diakhiri dengan sesi foto bersama dan pemberian kenang-kenangan serta oleh-oleh dari pihak Sekolah kepada Jogja TV. Kunjungan Industri kemudian dilanjutkan ke Slab Studio dan juga RWE Studio, kedua industri ini merupakan startup atau perusahaan yang bergerak di industri digital creative. Disana para santri mendapatkan materi tentang sejarah dari masing-masing industry dan juga materi yang berkaitan dengan dunia desain grafis. Banyak sekali ilmu baru yang didapatkan para santri dan harapannya itu semua bisa diamalkan dan dipraktikkan dipembelajaran sekolah nantinya.
Nah, dari sini bisa disimpulkan bahwa Kunjungan Industri itu tidak hanya sekadar jalan-jalan atau berkunjung ke suatu industri saja. Namun poin penting dari Kunjungan Industri ini adalah bagaimana santri dan santriwati bisa membuka pikiran dan pandangannya bhw setiap hal besar atau suatu pencapaian yang besar pula itu pasti dimuli dari hal-hal yang kecil, dan semua itu akn berhasil dicapai apabila ada suatu ketekunan dan keuletan dari para santri itu sendiri. Well, jadi Pemuda Sukses dan Mulia? Why Not?

(by : Novia L8, edited : Abdur Rofi’ Zihni, S. Pd.)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.