Form Minat Studi Santri

menuju kampusJanuari hampir berlalu, dan kini santri-santri SMK Syubbanul Wathon tengah giat-giatnya belajar di semester genap. Terutama bagi santri-santri Fazza (kelas XII) yang sudah mulai memasuki tahap UCO pada 28 – 29 Januari 2015. Berbagai persiapan pun dilakukan dengan adanya les tambahan untuk santri-santri Fazza.

Di sela-sela kegiatan belajar santri, sosialisasi mengenai beasiswa untuk santri yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi pun dilakukan untuk membantu santri dalam memilih perguruan tinggi yang mereka inginkan.

Beberapa jalur beasiswa yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut :

  1. Bidikmisi
    Penjaringan siswa unggulan dari masing-masing sekolah di seluruh Indonesia yang memiliki keunggulan prestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu. Pada Tahun akademik 2010/2011 UNY menerima 400 mahasiswa beasiswa bidik misi.
  2. SNMPTN
    Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang diselenggarakan semenjak 2013 sebagai pengganti SNMPTN Jalur Undangan, merupakan pola seleksi nasional berdasarkan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN), dan prestasi lainnya. Seleksi ini tanpa tes tertulis dan biaya ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. SNMPTN dapat diikuti oleh siswa kelas terakhir SMA/MA/SMK/MAK yang mengikuti UN pada tahun 2014 atau 2013. Info lengkap mengenai tata cara pendaftaran, jadwal, dan keterangan lainnya dapat diakses di laman resmi SNMPTN, yakni http://snmptn.ac.id.
  3. SBMPTN
    Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang secara teknis sama dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis 2012, merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil tes tertulis/ujian keterampilan. Seleksi ini dapat diikuti oleh semua lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2014, 2013, dan 2012. Biaya pendaftaran seleksi ini ditanggung oleh peserta dengan sebagian disubsidi oleh pemerintah. Dijadwalkan ujian tulis SBMPTN diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 17 Juni 2014. Info lengkap mengenai SBMPTN dapat diakses di laman resminya, yakni http://sbmptn.or.id.
  4. Penelusuran Bibit Unggul (PMB-PBU)
    Penjaringan siswa unggulan dari masing-masing sekolah di seluruh Indonesia yang mempunyai kemampuan akademik, kematangan kepribadian, dan keterampilan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di suatu Universitas sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Pada Tahun Akademik 2010/2011 tersedia bagi 57 program studi (39 program studi kependidikan dan 18 program studi nonkependidikan). Daya tampung sebesar 25 % dari Kelas Reguler Bersubsidi.
  5. Seleksi Diploma (PMB-Dip)
    Diselenggarakan oleh panitia PMB, dibuka hanya di tiga fakultas, yakni FT, FIS dan FE. Dengan daya tampung sebesar 75 % dari Kelas Reguler Bersubsidi.
  6. Seleksi Mandiri (PMB-SM)
    Pemilihan calon mahasiswa baru berkualitas dengan kemampuan akademik dan potensi unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan di suatu Universitas.
  7. Kerjasama (zPMB-KS)
    Diselenggarakan atas kerjasama suatu Universitas dengan instansi pemerintah dan swasta. Tata cara dan persyaratan penerimaan mahasiswa baru diatur tersendiri sesuai ketentuan yang berlaku.
  8. Kelanjutan Studi Mandiri (PMB-KSM)
    Program kelanjutan studi diperuntukkan bagi lulusan jenjang S0 ke jenjang S1, penerimaan mahasiswa program ini dilaksanakan tiap semester.
  9. Kelanjutan Studi Kerjasama (PMB-KSK)
    Program kelanjutan studi diperuntukkan bagi lulusan jenjang S0 ke jenjang S1 dan Diselenggarakan atas kerjasama Universitas dengan instansi pemerintah dan swasta. Tata cara dan persyaratan penerimaan mahasiswa baru diatur tersendiri sesuai ketentuan yang berlaku.
  10. SPAN-PTAIN
    Merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTAIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Prosedur dan persyaratan jalur ini selengkapnya dapat diakses di laman span-ptain.ac.id.
  11. UM-PTAIN
    Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah RINomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. UM-PTAIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 53 PTAIN di Indonesia melalui ujian tertulis dan diselenggarakan secara serentak. Peserta yang mengikuti seleksi UM-PTAIN harus membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk. Prosedur dan persyaratan jalur ini selengkapnya dapat diakses di laman um-ptain.ac.id.

Untuk memudahkan pendataan santri yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, silahkan untuk mengisi form penelusuran minat studi santri berikut ini. Silahkan klik disini.

Related Posts

About The Author

4 Comments

  1. ilham tm
    Januari 30, 2015
    • smksw
      Januari 31, 2015
  2. Riqza A
    Februari 10, 2015
    • SMK Syubbanul Wathon
      Februari 15, 2015

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.