Jl. K. Abdan No. 03 Dlimas Tegalrejo Kab. Magelang

Ada Apa dengan Otak?

Otak manusia terbagi menjadi dua hemisfer (bagian), yaitu hemisfer kiri dan hemisfer kanan. Hemisfer adalah belahan otak yang lebih dikenal dengan sebutan otak kanan dan otak kiri. Otak kanan dan otak kiri dikatakan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kanan diidentikkan dengan kreativitas, persamaan, khayalan, bentuk atau ruang, emosi, music dan warna, berfikir, tidak terstruktur, dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Sedangkan otak kiri biasanya diidentikkan dengan rapi, perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, logika, terstruktur, analitis, matematis, sistematis, linear, dan tahap demi tahap.
Ternyata,seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan tentang otak manusia, ditemukan bagian otak selain otak kanan dan otak kiri yang mempunyai pengaruh besar bagi bagi kehidupan manusia, yaitu otak tengah. Sebenarnya penemuan tentang bagian otak teengah ini bukan hal yang baru bagi para ahli sekalipun, selama ini perhatian mereka masih tersita untuk mengeksplorasi fungsi otak kanan dan otak kiri serta kecerdasan manusia. Lalu apa fungsi otak tengah tersebut? Seberapa besar pengaruhnya bagi kehidupan manusia? Dalam pembahasan selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi bagian otak manusia, yaitu fungsi otak kiri, otak kanan, dan otak tengah.

OTAK KANAN DAN OTAK KIRI
Aktivitas manusai dibagi menjadi dua kelompok, aktivitas yang dikontrol olehotak kanan, dan aktivitas yang dikontrol oleh otak kiri. Pada saat otak kanan sedang bekerja maka otak kiri cenderung lebih tenang, demikian pula sebaliknya. Otak kanan berperan dalam kecerdasan EQ (Emotional Quotient), seperti hal perasaan perkhayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, Emosi, Musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang. Sementara itu otak kiri berperan dalam kecerdasan IQ (Intelegence Quotient) seperti hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahsa, hitungan dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek. Bila terjadi kerusakan pada otak kri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.
Pada umumnya, dominasi peran belahan otak terjadi pada diri seseorang. Orang yang didominasi otak kanannya lebih besar akan cenderung punya kepribadian humoris, simple, boros, berantakan, ekspresi diri, bebas, spontan, dan suka bertualang. Sementara itu, orang yang didominasi otak kirinya lebih besar biasanya serius, rumit, membosankan, hemat, rapi, hati-hati, pendukung diam, pembuat aturan, mudah diteebak. Sebenaarnya, dominasi bagian otak tersebut memiliki dampak yang kurang menguntungkan bagi sesseorang. Hal ini bisa mengakibatkan orang mudah strres dan juga kesehatan mental dan fisik buruk. Untuk itu keseimbangan bagian otak kiri dan kanan perlu dijaga karena sebenarnya otak kanan dan kiri itu saling berhubungan dan bekerja sama. Salah satu cara untuk menyeimbangkan otak kanan dan kiri adalah dengan meniptakan kondisi yang nyaman, rileks, dan tenang sambil melakukan kegiatan atau cara yang lainnya adalah dengan berolah raga.

OTAK TENGAH
Otak tengah adalah bagian kecil dari batang otak yang terletak diantara belahan otak kanan dan belahan otak kiri. dalam otak tengah ini terdapat bagian-bagian yang mengatur fungsi dasar batang otak, seperti bernafas dan menghubungkan otak besar dengan syaraf tulang belakang, dan juga berperan dalam proses penddengaran dan penglihatan. Segala informasi sensoris yang menuju ke bagian otak lain pertama-tama akan melewati otak tengah dahulu. Artinya, otak tengah ini beerfungsi sebagai penerima, pengatur serta penyalur informasi ke bagian penting otak lainnya.
Jika fungsi otak tengah diaktifkan maka akan memancarkan gelombang yang lebih kuat daripada otak tengah yang belum aktif. Otak tengah ini akan menjadi penyeimbang otak kanan dan kiri. dari berbagi contoh orang atau anak yang otak tengahnya sudah diaktifkan melalui sebuah pelatihan atau sejenisnya, orang tersebut mampu melakukan berbagai aktivitas de ngan mata tertutup seperti menebak warna hanya dengan meraba, berjalan tanpa menabrak, bahkan sampai ada yang bisa melihat tembus sebuah dinding atau benda padat lainnya. Cara mengaktifkan otak tengah ini biasanya mempergunakan gelombang otak alpha. Gelombang ini dibuktikan secara ilmiah adalah gelombang yang muncul dominan ketika kita rileks dan paling kreatif. Gelombang ini biasanya muncul pada saat kita bangun tidur, atau dalam keadaan rileks di toilet, atau saat berendam air hangat. Saat otak tengah aktif, secara otomatis fungsi otak kanan dan kiri akan berjalan seimbang, otak kanan tidak akan menekan otak kiri dan juga sebaliknya.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.